Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jika Tau Ini, Jangan Buang Pelepah Pisang

 Isu  Global Warming menyentak kesadaran masyarakat akan lingkungan Jangan Buang Pelepah Pisang Anda!
Isu Global Warming menyentak kesadaran masyarakat akan lingkungan. Hal ini secara tidak pribadi mempengaruhi banyak sekali sektor termasuk kesadaran konsumen untuk menentukan produk ramah lingkungan. Peluang ini menjadi lahan gres yang tentu menarik untuk digeluti utamanya bagi para pengerajin. Pasalnya, dengan sedikit kreatifitas, kita dapat membuat sebuah karya seni pun benda fungsional yang terbuat dari materi limbah yang biasanya hanya dibuang. Salah satu limbah yang ketika ini sangat terkenal dan menjadi primadona yaitu pelepah pisang. Produk dari limbah pohon pisang ini mempunyai cita rasa seni yang tinggi dan tentunya bernilai ekonomi. Tertarik?

Pelepah pisang dapat diolah menjadi beberapa benda fungsional ibarat tas, sandal, matras atau tikar, lampu dan masih banyak lainnya. Jika Anda seseorang yang berjiwa seni, pelepah pisang juga dapat Anda sulap menjadi patung dan lukisan yang memikat. Pada prinsipnya, semua bergantu pada kreatifitas Anda. Sebagai materi inspirasi, berikut kami berikan langkah-langkah pembuatan benda bernilai ekonomi dari pelepah pisang yang dapat Anda coba.


Lukisan Menarik Dari Pelepah Pisang

Benda seni yang dapat dibentuk dari pelepah pisang yaitu lukisan. Sulit? Tidak juga. Pasalnya Anda hanya menempelkan pelepah pisang pada contoh yang telah Anda buat sebelumnya. Penasaran? Berikut bahan-bahan dan juga alat yang harus Anda kumpulkan untuk membuat lukisan dari pelepah pisang:
  1. Pelepah pisang yang telah dikeringkan
  2. Papan atau tripleks.
  3. Lem kayu, baiknya fox.
  4. Pensil, Gunting dan juga penggaris. 

Cara membuat lukisan pelepah pisang:

Langkah pertama yaitu membersihkan pelepah pisang yang telah kering dan lalu direndam di dalam kamper yang telah dicairkan dengan memakai minyak tanah kurang lebih selama 1 hingga 3 jam. Setelah itu, keringkan pelepah pisang dan siap digunakan. langkah berikutnya, ambil pelepah pisang dan tempelkan pada tripleks sebagai backround. Jika pelepah yang dibunakan gelap maka gambarnya harus terperinci dan kalau backround terperinci maka gambar harus terang.

Selanjutnya, pada backround, gambar contoh lukisan sesuai impian Anda. Setelah selesai, potong pelepah pisang dengan mengikuti contoh lukisan. Kemudian tempelkan satu per satu. Setelah selesai, jemur di bawah terik matahari. Hasilnya, lukisan pelepah pisang Anda siap dipajang! Untuk hasil yang maksimal, kembangkan jiwa kreatif Anda ya! 

Tempat Pensil Dari Pelepah Pisang 

Jika Tau Ini, Jangan Buang Pelepah Pisang

Salah satu benda fungsional yang dapat dengan gampang dibentuk dari pelepah pisang yaitu daerah pensil. Berikut bahan-bahan yang Anda butuhkan:
  1. Pelepah pisang yang telah dikeringkan.
  2. Gunting.
  3. Kertas karton yang akan dibentuk sebagai dasar tabung.
  4. Lem. Sebaiknya gunakan yang daya rekatnya tinggi sepertoi foz.
  5. Beberapa biji-bijian yang dipakai untuk menghias daerah pensil
Cara membuat:
Siapkan pelepah pisang yang telah Anda keringkan. Kemudian rapikan jangan hingga ada sabutnya yang susut. Setelah rapi. Potong seukuran tabung yang hendak Anda buat daerah pensil. Selanjutnya, tempelkan hingga menutupi semua bab tabung tadi dengan memakai lem fox. Pastikan semua permukaan tertutup rapi. Tunggu hingga tabung dan pelepah pisang melekat secara sempurna. Selanjutnya, hias daerah pensil tersebut dengan bebijian yang telah Anda siapkan. Dan, jadi! Tempat pensil dari pelepah pisang siap Anda gunakan. Jika hendak dijual, pastikan tampilannya menarik mata. Anda dapat menambahkan variasi lain untuk mempercantiknya.  

Selamat Mencoba!