Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pisang Gros Michel: Saudara Kandung Pisang Cavendish yang Belum Banyak Orang Ketahui

Pisang Gros Michel: Saudara Kandung Pisang Cavendish yang Belum Banyak Orang Ketahui

Subkelompok Pisang Gros Michel (Kelompok Genom AAA)
Kelompok genom   :  AAA
Subkelompok         :  Gros Michel

Gros Michel

Gros Michel adalah nama subkelompok pisang pencuci mulut, pisang meja, atau disebut juga disebut pisang buah dalam genom AAA. Jenis pisang ini telah berhasil mendominasi perdagangan internasional selama awal abad ke-20. Namun pada akhir tahun 1950-an kepopuleran kelompok ini telah tergantikan oleh kultivar lain, yakni kultivar Cavendish. Hal ini dikarenakan Gros Michel lebih rentan terhadap penyakit layu Fusarium. Hal ini pertama kali dilaporkan di kawasan Amerika Tengah pada tahun 1890-an.

 baca juga: 5 Jenis Kultivar Pisang Cavendish Yang Harus Kamu Tau

Keterkaitan dengan Cavendish

Analisis molekuler dari aksesi dalam koleksi telah mengungkapkan bahwa kultivar subkelompok Gros Michel dan Cavendish sebenarnya adalah saudara kandung. Hal ini dikarenakan mereka memiliki induk yang sama, yang menyumbangkan kedua salinan genomnya (pisang triploid berasal dari persilangan antara dua orang tua diploid (2n) - yang biasanya mewariskan satu salinan genom diploidnya, sedangkan yang lain menyumbangkan kedua salinan (2n), ini merupakan sebuah fenomena yang disebut restitusi meiotik). 

Donor 2n terjadi pada kultivar yang masuk dalam subkelompok Mlali. Mlali merupakan sekelompok pisang diploid yang saat ini hanya ditemukan di Afrika Timur saja. Kelompok terdekat yang terkait dengan kultivar Mlali itu adalah Chimoili Kana Nkoboï [1], bukanlah Akondro Mainty seperti yang diperkirakan sebelumnya. [2] ] Karena triploid pisang untuk semua tujuan praktis steril, sejak saat itu keanekaragaman diciptakan oleh mutasi alami. Subkelompok Gros Michel pada dasarnya terdiri dari kultivar yang berbeda satu sama lain melalui mutasi.

Karakteristik Morfologi Utama

Kultivar dalam subkelompok Gros Michel seringkali membuat banyak orang bingung jika dibandingan dengan kultivar Cavendish. Namun ada salah satu karakter yang membedakan dari keudanya. Yakni pada jenis Gros Michel memiliki warna sarung pseudostem yang hijau atau merah muda pucat. Namun untuk kultivar Cavendish cenderung memiliki warna merah cerah.

baca juga: Macam-Macam Sub Kelompok Pisang Cavendish
Kultivar ini terdiri dari
• Gros Michel
• Bogoya



Referensi Gros Michel