Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pisang Fei, Pisang Tinggi Beta Karoten

Pisang Fei, Pisang Tinggi Beta Karoten

Postingan lanjutan dari jenis-jenis pisang kali ini membahas mengenai pisang Fei.  Fe'i atau Fehi adalah nama yang diberikan kepada sekelompok pisang tegak yang mudah dikenali oleh banyak orang. Kelompok ini telah didomestikasi secara independen dari pisang yang berhubungan dengan Musa acuminata dan Musa balbisiana.

Asal Usul Pisang Fei

Asal usul pisang ini tidak dipahami dengan baik di luar fakta bahwa nenek moyang jenis ini termasuk dalam bagian Australimusa. Sejak saat itu jenis tersebut telah bergabung dengan bagian Callimusa [1]. Dalam perkembangan Musa maclayi telah diusulkan sebagai leluhur pisang tersebut.

Di sisi lain, pisang Fei diyakini berasal dari daerah New Guinea (Papua Nugini). Akan tetapi pisang ini telah ditemukan di Maluku, Indonesia, hingga Tahiti di timur. Bahkan pisang ini dulunya merupakan makanan pokok yang penting di Tahiti [2]. Akan tetapi pisang ini menjadi semakin langka setelah diperkenalkannya jenis pisang lainnya seiring pergeseran trend untuk makan produk-produk impor.


baca juga: 5 Jenis Kultivar Pisang Cavendish Yang Harus Kamu Tau

Kandungan Karoten yang Tinggi

Bunga dalam pisang ini, hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis ini memiliki kandungan kadar karoten yang tinggi, yang dikonversi dalam tubuh menjadi vitamin A. Namun, disisi lain secara agronomis, mereka cenderung rentan terhadap hama dan penyakit, tidak menghasilkan banyak anakan dan butuh waktu lama untuk menghasilkan banyak.

Di Negara Federasi Mikronesia, kampanye mempromosikan penanaman pisang Karat telah menghasilkan peningkatan penjualan pisang Fei ini di pasar Kolonia, ibukota Negara Bagian Pohnpei [3]. Buah ini memiliki kandungan pati lebih tinggi daripada kultivar pisang lainnya dan biasanya dikonsumsi dipanggang atau direbus.
Karakteristik utama
Pisang Fe ditandai dengan tandan tegak, warna merah-ungu hingga ungu dari getahnya dan warna buahnya, yang berkisar dari kuning hingga oranye tergantung pada kultivar. Tepi pangkal tangkai daun khas berenda. Bilah daun juga cenderung memiliki cross-corrugations yang kuat.

a)    Getah berwarna ungu, pisang Fei dari pulau Pohnpei di Mikronesia.
b)    Buah berdaging oranye cenderung memiliki kadar provitamin A karotenoid yang tinggi.
c)    Basis tangkai daun pisang Fei jelas.
d)    Daun pisang Fei biasanya memiliki cross-corrugations yang kuat.