Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Persiapan Pupuk Kandang Dalam Budidaya Pisang

Persiapan Pupuk Kandang Dalam Budidaya Pisang

Persiapan berikutnya untuk budi daya tanaman pisang adalah persiapan pupuk. Pupuk digunakan untuk memperbaiki kondisi tanah dan menyediakan unsur hara baik berupa unsur hara makro ataupun unsur hara mikro yang penting bagi pertumbuhan dan perkembangan tanaman.
Pupuk yang digunakan pada budi daya tanaman pisang terdiri atas beberapa jenis, yaitu pupuk kandang atau kompos; pupuk kimia seperti pupuk urea, TSP, KCL; pupuk mikro (trace element), pupuk magnesium (kieserite), dan pupuk cair hayati.
Pada kesempatan postingan kali ini saya akan sedikit memfokuskan bahasan untuk persiapan pupuk kandang dalam budidaya pisang
Persiapan Pupuk Kandang Dalam Budidaya Pisang

Pupuk kandang atau kompos

Penggunaan pupuk organik berupa pupuk kandang atau kompos pada budi daya tanaman pepaya memiliki berbagai manfaat di antaranya memperbaiki struktur tanah dan memudahkan tanah ditembus akar sehingga pertumbuhan akar maksimal; meningkatkan daya menahan air sehingga kemampuan tanah untuk menyediakan air menjadi lebih banyak; membuat permeabilitas (kemampuan tanah meloloskan air) tanah menjadi lebih baik; memiliki kandungan hara lengkap (N, P, K, Ca, Mg, S, serta hara mikro) tetapi dalam jumlah tidak tentu dan relatif kecil; serta meningkatkan KPK (Kapasitas Pertukaran Kation) sehingga kemampuan mengikat kation menjadi lebih tinggi (apabila tanaman dipupuk dengan dosis tinggi hara tanaman tidak mudah tercuci).

Jenis pupuk kandang yang dipilih

Jenis pupuk kandang yang dapat digunakan dapat berupa pupuk kandang kambing, sapi, ataupun ayam. Pastikan pupuk kandang yang digunakan sudah matang. Perlu diperhatikan apabila menggunakan pupuk kandang sapi atau kambing ada potensi munculnya gulma berupa rumput yang berasal dari biji rumput yang termakan sapi atau kambing.
Namun beberapa sumber menyebutkan beserta pengalaman saya di lapangan bahwa pupuk kandang sapi atau pupuk kandang kambing lebih saya anjurkan daripada dengan pupuk kandang ayam. Hal ini dikarenakan untuk pupuk kandang ayam lebih dikhawatirkan menjadi pembawa penyakit seperti Fusarium Sp yang mana merupakan penyakit jamur yang sangat ditakuki bagi para pembudidaya pisang.

baca juga: Pemupukan Kimia Pada Tanaman Pisang

Dosis pemberian pupuk kandang

Pada budi daya pisang, pupuk kandang atau kompos digunakan satu kali yaitu pada tahap persiapan lubang tanam. Kebutuhan pupuk kandang sebanyak minimal 10 kg per lubang tanam sehingga pada luasan lahan 1 ha dengan 1.600 buah lubang tanam diperlukan pupuk kandang atau kompos minimal sebanyak 16.000 kg (16 ton).

Perhatikan kualitas pupuk kandang

Hal lain yang perlu diperhatikan pada saat aplikasi di lapangan adalah kondisi pupuk kandang sudah benar-benar matang (terfermentasi). Jika sahabat sekalian telah membeli pupuk kandang di pabrik pupuk maka secara mayoritas sudah melewati tahap fermentasi dan sudah matang. Namun jika sahabat membeli atau mengumpulkan sendiri dari kandang secara langsung, maka perlu adanya proses fermentasi dahulu sebelum diaplikasikan di lapangan.