Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Apa Itu Tanaman Pisang

Mengenal Apa Itu Tanaman Pisang

Pisang (Musa sp.) merupakan tanaman buah berbentuk herba berasal dari kawasan di Asia Tenggara. Wilayah Indo-Malesia merupakan pusat asal-usul dan keragaman pisang, kemudian menyebar hingga ke seluruh wilayah tropis dan subtropis di Asia, Amerika (Amerika Selatan dan Tengah), Afrika (Afrika Barat/Madagaskar) dan Australia. Kemudian menyebar ke seluruh dunia.

A.  Taksonomi dan Morfologi

Pisang budi daya yang dikenal saat ini dianggap merupakan keturunan dari pisang liar Musa acuminata yang mengalami persilangan alami dengan pisang liar Musa balbisiana. Hasil persilangan kedua jenis pisang yang dianggap sebagai nenek moyang pisang ini seiring waktu menyebabkan bervariasinya jenis-jenis pisang.
Mengenal Seperti Apa Tanaman Pisang

a.   Taksonomi

Kingdom
: Plantae
Divisi
: Magnoliophyta
Kelas
: Liliopsida
Ordo
: Musales
Famili
: Musaceae
Genus
: Musa
Spesies
: M. acuminata

: M. balbisiana

: M. paradisiaca

: M. sapientum


b. Morfologi

Tanaman pisang berbentuk terna raksasa dengan batang semu yang basah dan diselubungi oleh pelepah daun. Tanaman pisang tidak memiliki cabang dan tidak mengandung lignin. Batang tanaman pisang dapat dibedakan menjadi dua, yaitu batang semu yang tampak di atas tanah dan batang asli di pangkal batang semu yang berada di bawah permukaan tanah. Pada batang asli terdapat banyak mata tunas yang kemudian dapat menjadi tunas dan tumbuh akar menjadi bibit tanaman baru.
Daun pisang berbentuk memanjang dan agak melebar. Permukaan atas dan bawah daun licin tertutup lapisan lilin. Pertulangan daun berbentuk menyirip. Ujung daun berbentuk rompang. Daun muda berwarna hijau muda dan daun dewasa berwarna hijau tua.

Tanaman pisang memiliki akar serabut dan tidak memiliki akar tunggang. Akar tumbuh mengumpul dan bergerak menyamping sepanjang 4—5 meter. Akar tanaman pisang umumnya tidak sampai menembus kedalaman hingga 2 meter dari permukaan tanah.   

Bunga pada tanaman pisang familiar disebut sebagai jantung pisang. Bunga tersusun atas daun-daun yang melindungi bunga yang berada di tiap ketiak antara daun pelindung. Bunga tanaman pisang keluar dari ujung batang. Bunga tanaman pisang termasuk bunga berumah satu. Bunga pisang dikatakan bunga sempurna apabila terdiri dari bunga jantan dan bunga betina yang terletak di ujung bagian

Buah pisang terbentuk dari bunga pisang. Pada satu tandan terdapat beberapa sisir buah pisang. Satu sisir terdiri atas 7—21 buah tergantung jenis pisang dan pemeliharaannya. Buah pisang berbentuk lonjong dan melengkung dengan berbagai ukuran sesuai jenisnya.  
Demikian postingan tentang seperti apa tanaman pisang. Dengan mempelajari taksonomi dan struktur morfologi tanaman pisang dapat menambah wawasan keilmuan akan salah satu potensi buah di negeri kita Indonesia.