Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memperbanyak Bibit Pisang Dengan Kultur Jaringan

Kultur Jaringan

adalah teknik perbanyakan bibit tanaman secara vegetatif. Jaringan dari tanaman dikulturkan (dihidupkan/ditumbuhkan) di media yang tepat pada kondisi steril. Setiap jenis tanaman membutuhkan media tumbuh kultur jaringan yang berbeda-beda. Selanjutnya, bibit diperbanyak secara vegetatif dengan cara dipotong-potong sehingga menghasilkan bibit dalam jumlah banyak (disesuaikan dengan jumlah kebutuhan bibit), dalam waktu singkat, dan seragam.
Tahap-tahap perbanyakan tanaman pisang menggunakan teknik kultur jaringan sebagai berikut.

1.   Inisiasi

Merupakan proses pengambilan bagian tanaman untuk ditumbuhkan di dalam media in vivo. Proses ini memakan waktu 2—3 bulan untuk tanaman yang sudah diketahui jenis media yang tepat dan bagian tanamannya yang tepat untuk diperbanyak.

2.   Multiplikasi

Merupakan tahap perbanyakan (faktor perbanyakan pada kultur jaringan). Waktunya selama sekitar satu bulan. Setiap jenis tanaman memiliki faktor perbanyakan yang berbeda. Dalam satu bulan ada tanaman yang faktor perbanyakannya satu menjadi tiga, satu menjadi lima, satu menjadi sepuluh, satu menjadi duapuluh, satu menjadi empat puluh, atau lebih banyak. 
Pisang termasuk tanaman yang memiliki faktor perbanyakan medium (satu menjadi tiga atau menjadi lima). Apabila satu menjadi lima, dalam satu bulan satu buah bibit akan menjadi 5 buah bibit, bulan kedua menjadi 25 buah bibit, bulan ketiga akan menjadi 125 buah bibit, bulan keempat akan menjadi 625 buah bibit, bulan kelima akan menjadi 3.125 buah bibit, bulan keenam menjadi 15.625 buah bibit, dan seterusnya. Jumlah bibit yang dihasilkan disesuaikan dengan kebutuhan bibit.
Perlu diperhatikan bahwa setiap jenis tanaman memiliki batas multiplikasi. Pembatasan dilakukan untuk menghindari penyimpangan sifat dari tanaman indukan. Batas multiplikasi pada bibit tanaman pisang berdasarkan hasil penelitian adalah delapan kali. Artinya, apabila multiplikasi dilakukan setiap bulan maka bibit tanaman pisang dapat dimultiplikasi hingga delapan bulan. 

3.   Aklimatisasi

Merupakan proses penyesuaian (adaptasi) bibit tanaman dengan alam. Pada tahap ini bibit dikeluarkan dari dalam laboratorium kemudian ditempatkan pada screen house untuk memudahkan proses pengontrolan suhu dan kelembapan terhadap tanaman. Aklimatisasi berlangsung selama sekitar satu bulan.
Pada tahap aklimatisasi tanaman disungkup selama dua minggu dan ditanam di dalam baki-baki (tanaman masih kecil dan rentan) menggunakan media tanam berupa arang sekam. Setelah dua minggu sungkup dibuka. Kemudian tanaman dipelihara kembali selama dua minggu. Saat ini bibit sudah cukup besar dan sudah memiliki akar cukup banyak.

4.   Transplanting

Merupakan tahap pemindahan bibit dari media aklimatisasi ke polybag. Bibit dipelihara di dalam polybag selama dua bulan. Setelah itu bibit siap ditanam di lahan.
Media tanam di polibag berupa pupuk kandang, tanah gembur, dan pasir dengan perbandingan 1 : 1. Pupuk kandang dapat diganti oleh serasah seperti serasah bambu. Sementara, pasir dapat diganti dengan arang sekam. Pemeliharaan berupa penyiraman bibit secara teratur.

Bibit hasil kultur jaringan memiliki berbagai kelebihan sebagai berikut.

  1. Dapat dihasilkan dalam jumlah besar sesuai kebutuhan dan dalam waktu singkat.
  2. Keseragaman bibit terjamin sehingga pertumbuhan tanaman seragam dan dapat panen serempak.
  3. Dijamin bebas penyakit. Proses perbanyakan dan pertumbuhan bibit kultur jaringan yang mensyaratkan kondisi steril menjamin bibit yang dihasilkan bebas dari penyakit.

Pengibaratan bibit tanaman pisang hasil kultur jaringan sebagai bayi yang lahir dalam keadaan sehat, beratnya cukup, dan mendapatkan ASI dengan baik dan cukup. Sehingga, sangat ideal untuk ditanam di lahan. 
Berbagai kelebihan dari bibit kultur jaringan sangat bermanfaat bagi para pekebun pisang di seluruh daerah di Indonesia karena teknik kultur jaringan mampu membibitkan aneka jenis pisang dari seluruh Indonesia sehingga pekebun bisa mendapatkan bibit berkualitas sesuai